Sabtu, 18 Agustus 2012

Muslim Amerika Sewa Rumah Ibadah Yahudi Untuk Sholat Jumat

| Sabtu, 18 Agustus 2012 | 0 komentar

Sekelompok warga di Kota Northern Virginia, pantai timur Amerika Serikat, berupaya membuktikkan kerukunan antar umat beragama masih berlangsung di negara itu. Salah satunya adalah dengan disewakannya Sinagog di pinggiran kota ini digunakan umat Muslim beribadah selama Ramadan, termasuk sholat Jumat. Sinagog adalah rumah ibadah warga yahudi.

Stasiun televisi BBC melaporkan, Jumat (17/8/2012), praktek berbagi tempat ibadah ini telah dilakukan warga Muslim dan Yahudi di Kota Northern Virginia, sejak empat tahun terakhir. Menurut Imam Muhammad Magid, kerjasama itu terjadi secara setelah kedua pihak menyadari mahalnya biaya renovasi rumah ibadah. “Awalnya kami terkejut menggunakan aula mereka untuk shalat. Namun kini masing-masing pihak sudah terbiasa,” terangnya.

Masjid di Northern Virginia selalu berpindah sejak pertama kali jamaahnya meresmikan diri pada 1983. Sebelumnya sebuah apartemen disewa untuk jamaah sholat. Pada 2002, masjid pertama berdiri di kawasan Sterling. Namun, saat sholat Jumat, masjid tersebut tak mampu menampung umat yang jumlahnya lebih dari 1000 orang. Apalagi saat Ramadhan, semakin banyak kegiatan dilakukan dan butuh ruangan besar di waktu-waktu tertentu.

Tak disangka, pihak Sinagog menawarkan aula mereka dengan biaya sewa USD 300 per hari (setara Rp 2,8 juta). Kini, tidak jarang umat Muslim menjalankan buka puasa, shalat Jumat, maupun pengajian selama Ramadhan di aula Sinagog itu.

Rabbi Robert Nosanchuk menyatakan pihaknya membuka Sinagog itu untuk umat muslim lantaran menyadari jumlah mereka lebih banyak dari penganut Yahudi. “Warga kami hanya 500 orang, tindakan (menyewakan aula sinagog) lebih seperti membuka rumah untuk tetangga yang sedang membutuhkan,” kata dia.

http://www.lensaindonesia.com/2012/08/17/muslim-amerika-sewa-rumah-ibadah-yahudi-untuk-sholat-jumat.html
Rating Artikel : 5Jumlah Voting : 99 Orang

Artikel Terkait:

0 komentar:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

 
© Copyright 2010. yourblogname.com . All rights reserved | yourblogname.com is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com - zoomtemplate.com