Kamis, 23 Agustus 2012

Peletak Daging Babi Saat Shalat Id Telepon Surat Kabar 'New York'

| Kamis, 23 Agustus 2012 | 0 komentar


NEW YORK - Surat kabar 'New York' mengaku menerima telepon dari pihak yang mengaku membuang daging babi di New Diro Beach Park, Pulau Staten, tempat umat Islam melaksanakan shalat Idul Fitri. Penelepon itu mengatakan sengaja membuang daging itu guna memberi makan burung camar dan rakun.

Seperti dikutip abcnews.com, Kamis (23/8), penelepon itu mengaku tidak bermaksud untuk menyinggung umat Islam. "Tidak ada maksud demikian," kata dia. Ketika ditanya, apakah ia akan memenuhi panggilan Kepolisian New York (NYPD), ia hanya bergeming.

Sebelumnya, Kepolisian New York (NYPD) tengah menyelidiki temuan daging babi di sebuah taman di New York sebelum pelaksanaan Shalat Idul Fitri digelar. Dugaan sementara, daging itu merupakan bentuk kejahatan rasial terhadap komunitas Muslim.

Juru Bicara Dewan Hubungan Amerika-Islam (CAIR) New York, Cyrus McGoldrick, sekitar 1.500 jamaah mendatangi ke New Diro Beach Park, Pulau Staten. Namun, pihaknya menemukan daging mentah bertebaran di taman. "Masalah ini masih dalam penyelidikan," kata dia.

http://www.republika.co.id/berita/dunia-islam/islam-mancanegara/12/08/23/m9788a-peletak-daging-babi-saat-shalat-id-telepon-surat-kabar-new-york
Rating Artikel : 5Jumlah Voting : 99 Orang

Readmore..

Minggu, 19 Agustus 2012

Zamzam, Karunia Allah SWT Umat Islam di Makkah

| Minggu, 19 Agustus 2012 | 0 komentar


MAKKAH--Berkunjung ke Masjidil Haram tidak lengkap tanpa meneguk air di sumur Zamzam. Dalam agama Islam, air Zamzam dipercaya merupakan karunia Allah SWT kepada umat Islam yang berkunjung ke rumah-Nya.

Bahkan dikalangan umat Islam, mengkonsumsi air Zamzam yang dibawa kerabat yang baru saja pulang dari tanah suci merupakan doa. Sebuah doa yang mengharapkan kepada kerabat yang belum pergi haji untuk diberikan kesempatan oleh Allah SWT untuk pergi ke tanah suci melaksanakan ibadah haji.

Di masa lalu, air Zamzam merupakan karunia Allah SWT kepada Siti Hajar, istri Nabi Ibrahim AS. Saat itu, Siti Hajar tengah kesulitan mencari air guna menenangkan anaknya, Nabi Ismail AS yang tengah lapar dan kehausan. Lalu, Allah SWT kirimkan karunia itu kepada Siti Hajar sehingga menghilangkan tangisan sang anak. Setelah itu, Siti Hajar mengucapkan rasa syukur sembari berkata,"Allah SWT selalu menjaga kami,".

Hingga saat ini, sumur air Zamzam tak bernah habis. Bahkan mampu menghilangkan dahaga dari generasi ke generasi para tamu Allah SWT yang datang. "Ada 17 ribu kontainer air Zamzam yang tersedia di Masjidil Haram. Air Zamzam itu didistribusikan ke seluruh wilayah masjdi," ungkap Kepala Proyek dan Studi Dua Masjid Suci, seperti dikutip alarabiya.net, Ahad (19/8).

Dibawah pemerintah Arab Saudi, sumur Zamzam telah mengalami rangkaian perbaikan infrastuktur. Kanal lama telah dibersihkan dan dilengkapi dengan fasilitas yang memungkinkan para jamaah dapat memiliki akses ke sumber air. Tak hanya itu, sebuah instalasi air dibangun guna mengatur distribusi air kepada para jamaah dan pengunjung dari luar Makkah.

"Di instalasi tersebut, diproduksi 200 ribu botol per hari dengan harga per botol 5 Riyal Saudi. Produksi meningkat dua kali lipat ketika Ramadhan tiba," papar Abdul Muhsin Bin Hemaid.

Meski diproduksi secara massal, kualitas air Zamzam tidaklah diabaikan. Setiap sampel air, terlebih dahulu diambil guna diuji secara klinis di laboratorium di Madinah. Selanjutnya air dialirkan melalui jaringan pipa ke titik pengisian. Setelah itu, pekerja Masjid Nabawi mendistribusikan air ke seluruh ruang Masjid Nabawi.

"Kami memiliki operator khusus guna mengangkut air Zamzam dari Makkah ke Madinah," ungkap Saud al-Awfi dari departemen Air Zamzam di Masjid Nabawi.

http://www.republika.co.id/berita/dunia-islam/islam-mancanegara/12/08/19/m908w0-zamzam-karunia-allah-swt-umat-islam-di-makkah
Rating Artikel : 5Jumlah Voting : 99 Orang

Readmore..

Sabtu, 18 Agustus 2012

Muslim Amerika Sewa Rumah Ibadah Yahudi Untuk Sholat Jumat

| Sabtu, 18 Agustus 2012 | 0 komentar

Sekelompok warga di Kota Northern Virginia, pantai timur Amerika Serikat, berupaya membuktikkan kerukunan antar umat beragama masih berlangsung di negara itu. Salah satunya adalah dengan disewakannya Sinagog di pinggiran kota ini digunakan umat Muslim beribadah selama Ramadan, termasuk sholat Jumat. Sinagog adalah rumah ibadah warga yahudi.

Stasiun televisi BBC melaporkan, Jumat (17/8/2012), praktek berbagi tempat ibadah ini telah dilakukan warga Muslim dan Yahudi di Kota Northern Virginia, sejak empat tahun terakhir. Menurut Imam Muhammad Magid, kerjasama itu terjadi secara setelah kedua pihak menyadari mahalnya biaya renovasi rumah ibadah. “Awalnya kami terkejut menggunakan aula mereka untuk shalat. Namun kini masing-masing pihak sudah terbiasa,” terangnya.

Masjid di Northern Virginia selalu berpindah sejak pertama kali jamaahnya meresmikan diri pada 1983. Sebelumnya sebuah apartemen disewa untuk jamaah sholat. Pada 2002, masjid pertama berdiri di kawasan Sterling. Namun, saat sholat Jumat, masjid tersebut tak mampu menampung umat yang jumlahnya lebih dari 1000 orang. Apalagi saat Ramadhan, semakin banyak kegiatan dilakukan dan butuh ruangan besar di waktu-waktu tertentu.

Tak disangka, pihak Sinagog menawarkan aula mereka dengan biaya sewa USD 300 per hari (setara Rp 2,8 juta). Kini, tidak jarang umat Muslim menjalankan buka puasa, shalat Jumat, maupun pengajian selama Ramadhan di aula Sinagog itu.

Rabbi Robert Nosanchuk menyatakan pihaknya membuka Sinagog itu untuk umat muslim lantaran menyadari jumlah mereka lebih banyak dari penganut Yahudi. “Warga kami hanya 500 orang, tindakan (menyewakan aula sinagog) lebih seperti membuka rumah untuk tetangga yang sedang membutuhkan,” kata dia.

http://www.lensaindonesia.com/2012/08/17/muslim-amerika-sewa-rumah-ibadah-yahudi-untuk-sholat-jumat.html
Rating Artikel : 5Jumlah Voting : 99 Orang

Readmore..

Rabu, 15 Agustus 2012

Atlit catur muslim Inggris diperlakukan tidak adil oleh delegasi

| Rabu, 15 Agustus 2012 | 0 komentar

Komunitas catur Inggris dikejutkan oleh pernyataan seorang ibu dan tiga anak lelakinya wakil Turnamen Catur Muda Eropa, diadakan di Kota Mureck, Austria, mendapatkan perlakuan rasial.

Surat kabar the Daily Mail melaporkan, Rabu (15/8), buruknya lagi perlakuan itu datang dari anggota delegasi Inggris yang seharusnya mendukung ketiga pemain cilik beragama Islam yakni Yusuf bin Suhayl (13), Ibrahim (10) dan Leysaa (7). Tiga bersaudara ini berasal dari Kota Marshland St James, Norfolk, Inggris. Mereka mengikuti kompetisi saat musim liburan sekolah.


Orang tua ketiga bocah yakni Sohale Rahman dan Tomasina Contu mengatakan mereka diperlakukan kurang baik. Seluruh anggota keluarga dipaksa balik ke hotel tempat menginap dan dikawal ketat anggota polisi. Gerak gerik mereka diawasi.

Federasi catur Inggris (ECF) tengah menyelidiki masalah kekerasan rasial secara verbal maupun fisik di turnamen itu. Laporan menyebutkan ada orang tua lain di kejuaraan itu melecehkan dan melakukan tindak kekerasan pada Contu. Salah satunya malah meregut dada Yusuf dan meninggalkan luka cakar hingga dada anak itu berdarah.

Rahman mengatakan ketiga anaknya tidak mendapatkan makanan halal sesuai permintaan sebelum kompetisi digelar. Panitia turnamen hanya memberikan telur rebus dan roti. Anggota lain malah mendapat makanan buffet. "Saya telah meminta kepada EFC untuk bertindak dan memberi rasa aman bagi keluarga saya, tapi sia-sia. EFC sudah gagal dalam tugas," ujarnya.

Rahman menjelaskan istri dan anak tertuanya, Yusuf, tidak dapat tidur setelah mendapat perlakukan tidak menyenangkan. Keluarga ini rela merogoh kocek Rp 44,8 juta buat perjalanan ke turnamen itu. Mereka memisahkan diri dari delegasi lain yang kerap minum alkohol. Dia kini meminta keadilan bagi keluarganya.
Direktur Eksekutif ECF Andrew Farthing menegaskan mereka medapat tuduhan serius. "Kami menyadari tudingan itu sampai karena perilaku beberapa anggota delegasi Inggris di turnamen ini. Federasi sedang menyelidiki kebenarannya," Farthing menjelaskan.

http://www.merdeka.com/dunia/atlit-catur-muslim-inggris-diperlakukan-tidak-adil-oleh-delegasi.html
Rating Artikel : 5 Jumlah Voting : 99 Orang

Readmore..

Muslim Bosnia Dibayangi Makanan Berdaging Babi

| | 0 komentar

SARAJEVO - Komunitas Muslim Bosnia memrotes maraknya produk makanan yang mengandung babi. Terlebih kandungan babi itu tak dijelaskan dalam kemasan. Protes itu dilatarbelakangi temuan Badan Sertifikasi Mutu Halal Bosnia.



Petugas Badan Sertifikasi Halal Damir Alihodzic, mengaku telah menemukan 10 persen dari produk makanan mengandung babi meski tidak dinyatakan dalam kemasan produk.
"Kebanyakan produk ini berasal dari Serbia. Kami juga menemukan kandungan yang sama dalam produk asal Bosnia sekalipun dalam kemasan mengatakan jaminan 100 persen halal," papar dia seperti dikutip balkaninsight.com, Rabu (15/8).

Merespon laporan itu, komunitas Muslim menuduh otoritas telah melecehkan umat Islam dengan tidak membuat prosedur ketat dari produk yang diimpor. "Umat Islam memiliki hak untuk mengetahui apakah produk itu telah diperiksa sebelumnya atau belum," papar Juru bicara Komunitas Muslim, Ekrem Tucakovic.

Menurutnya, harus ada pihak yang bertanggung jawab soal masalah ini. Karena keteledorannya telah menyebabkan kerugian bagi umat Islam. "Ini penipuan," tegas dia.

Asisten toko di Sarajevo, mengatakan kebanyakan pelanggannya jarang memeriksa kandungan bahan dalam kemasan. "Sebagian besar konsumen percaya dengan apa yang tampilkan pada label," kata dia.

Presiden Asosiasi Konsumen Sarjevo mengatakan banyak produk yang tidak diperiksa di Bosnia. Tidak hanya daging babi, tapi bahan lain yang mungkin berbahaya. "Jika produsen memiliki sertifikat, maka kita harus mempercayai produk itu berkualitas. Harus diakui, setiap pemeriksaan detail membutuhkan waktu dan biaya lebih," katanya.

Ia juga mengakui bahwa prosedur impor Bosnia terlalu longgar sehingga banyak produk yang lolos dengan mudah meski sebenarnya tidak memenuhi syarat.

Alihodzic percaya alasan utama masuknya produk mengandung daging babi dijual dalam kemasan tanpa mengandung daging babi adalah harga. "Daging babi lebih murah ketimbang daging sapi. Tujuan utama dari produsen adalah mencari keuntungan yang besar," kata dia.

Di Sarajevo, masyarakat terpecah soal masalah ini. Beberapa mengatakan ada masalah dengan sistem pengawasan mutu barang. sisanya, tidak masalah dengan peredaran produk itu.

Benjamin, 47 tahun, mengatakan jika analisis badan itu benar maka produsen telah menipu konsumennya.  "Sudah jelas itu penipuan terhadap mereka yang tidak mengkonsumsi babi," ungkapnya.

Sandra, 39 tahun, mengaku tidak peduli apakah produk yang dikonsumsi mengandung daging babi. Namun, di Bosnia masalah daging babi begitu sensitif lantaran tidak semua masyarakat disini mengkonsumsi daging babi.

"Jika ada produk menjamin 100 persen tidak mengandung daging babi, dan nyatanya masih memiliki kandungan daging babi maka itu adalah bentuk kecurangan," ucapnya.

http://www.republika.co.id/berita/dunia-islam/islam-mancanegara/12/08/15/m8sm28-muslim-bosnia-dibayangi-makanan-berdaging-babi
Rating Artikel : 5 Jumlah Voting : 99 Orang

Readmore..

Selasa, 14 Agustus 2012

Beginilah Salat Tarawih di Negeri Seribu Benteng

| Selasa, 14 Agustus 2012 | 0 komentar


Kali ini saya akan mengajak pembaca untuk menyimak sejenak suasana salat tarawih di negara Maroko. Sekilas hampir sama dengan yang dilakukan di Indonesia, namun terdapat beberapa perbedaan yang menarik untuk dibahas.

Sebagaimana yang diketahui bahwa Maroko menganut Mahzhab Maliki dan kaum muslim Indonesia menganut Mahzhab Syafi'i. Namun hal itu tak jadi masalah, sekilas pelaksanaan tarawih di sini tak jauh beda dengan salat tarawih yang ada di Indonesia, mulai dari takbir sampai salam.

Pertama kali saya menginjakkan kaki di Negeri Seribu Benteng ini, terdapat umat muslim yang salat di taman-taman. Hal ini menjadi pemandangan biasa di negeri ini. Jumlah rakaat salat tarawih di Maroko, ada yang 16 rakaat dan 20 rakaat. Berbeda dengan Indonesia yang 8 rakaat dan 20 rakaat.

Pada bulan Ramadan, masjid-masjid di Maroko akan mulai dipenuhi jamaah sejak menjelang Maghrib. Umat muslim Maroko biasa menunggu azan maghrib di masjid. Setelah membatalkan puasa dengan sebiji kurma dan segelas air putih, mereka melakukan salat maghrib berjamaah. Setelah itu, para jamaah akan pulang ke rumah masing-masing untuk berbuka puasa dengan keluarga.

Setelah menikmati buka puasa bersama dengan keluarga, umat muslim Maroko akan kembali pergi ke masjid untuk melaksanakan salat isya dan salat tarawih. Salat tarawih yang dilaksanakan setelah salat isya, hanya dilakukan separuhnya. Sementara separuh sisanya dilaksanakan pada keesokan hari sebelum subuh, sekitar pukul 03.00 pagi.

Umat muslim Maroko akan kembali ke masjid untuk salat tarawih pada keesokan harinya setelah makan sahur. Salat tarawih pun kemudian ditutup dengan salat witir dan salat subuh berjamaah.

Itulah sekelumit seputar Ramadan di Negeri Seribu Benteng. Semoga Allah SWT menjadikan kita semua mukmin yang sejati, berpuasa dan beribadah 'Imanan wahtisaban' beribadah senantiasa berniat karena Allah dan mengharap ridho Allah.

*Mahasiswa Jurusan Studi Islam di Universitas Sidi Mohammed Ben Abdellah Maroko Afika Utara, dan anggota Departemen SDI dan Keilmuan, PPI Maroko.

http://ramadan.detik.com/read/2012/08/14/155129/1991283/631/beginilah-salat-tarawih-di-negeri-seribu-benteng?992204cbr
Rating Artikel : 5 Jumlah Voting : 99 Orang

Readmore..

158 Orang Serawak masuk Islam

| | 0 komentar


Sepanjang bulan suci Ramadan ada 158 orang Asli (biasa disebut suku Dayak di Indonesia) memeluk Islam. Orang Asli merupakan penduduk Negara Bagian Serawak, Malaysia. Mereka langsung mendapatkan bantuan agar dapat menjalani ibadah dan merayakan Idul Fitri.

Kantor berita Bernama melaporkan, Senin (13/8), para warga Serawak ini mengaku gembira bisa menjadi mualaf. "Kami merasa lebih hidup dan lebih beragama," kata Othman Abdullah, salah seorang asal Jelawat, Serawak. Sebelumnya, mereka menganut kepercayaan leluhur, animisme dan dinamisme, yakni menyembah roh-roh halus.

Pemerintah Negara bagian Serawak kerap memberikan bantuan kepada suku Asli yang kebanyakan hidup miskin. Santunan itu biasanya diberikan saban Lebaran.

Senator Datuk Mohammad Olian Abdullah mewakili orang Asli mengatakan kehidupan suku Asli kini lebih baik ketimbang empat dekade lalu. "Banyak kampung mendapat pasokan listrik dan air. Ragam proyek untuk masyarakat luas juga dibangun," katanya.

Olian mengatakan orang Asli kini bisa memperoleh penghasilan 300-800 ringgit Malaysia (Rp 917 ribu-Rp 2,4 juta) per bulan. Pendapatan mereka sebelumnya di bawah itu. Sebagian besar warga Asli hidup dari hasil hutan dan berburu.

http://www.merdeka.com/dunia/158-orang-serawak-masuk-islam.html
Rating Artikel : 5 Jumlah Voting : 99 Orang

Readmore..

Senin, 13 Agustus 2012

7 Keistimewaan Lailatul Qadar

| Senin, 13 Agustus 2012 | 0 komentar


Setiap muslim pasti menginginkan malam penuh kemuliaan, Lailatul Qadar. Malam ini hanya dijumpai setahun sekali. Orang yang beribadah sepanjang tahun tentu lebih mudah mendapatkan kemuliaan malam tersebut karena ibadahnya rutin dibanding dengan orang yang beribadah jarang-jarang.

Kali ini kita akan melihat keistimewaan Lailatul Qadar yang begitu utama dari malam lainnya.

1- Lailatul Qadar adalah waktu diturunkannya Al Qur’an

Ibnu ‘Abbas dan selainnya mengatakan, “Allah menurunkan Al Qur’an secara utuh sekaligus dari Lauhul Mahfuzh ke Baitul ‘Izzah yang ada di langit dunia. Kemudian Allah menurunkan Al Qur’an kepada Rasulullah -shallallahu ‘alaihi wa sallam- tersebut secara terpisah sesuai dengan kejadian-kejadian yang terjadi selama 23 tahun.” (Tafsir Al Qur’an Al ‘Azhim, 14: 403). Ini sudah menunjukkan keistimewaan Lailatul Qadar.

2- Lailatul Qadar lebih baik dari 1000 bulan

Allah Ta’ala berfirman,
لَيْلَةُ الْقَدْرِ خَيْرٌ مِنْ أَلْفِ شَهْرٍ
“Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan.” (QS. Al Qadar: 3). An Nakho’i mengatakan, “Amalan di lailatul qadar lebih baik dari amalan di 1000 bulan.” (Lihat Latho-if Al Ma’arif, hal. 341). Mujahid, Qotadah dan ulama lainnya berpendapat bahwa yang dimaksud dengan lebih baik dari seribu bulan adalah shalat dan amalan pada lailatul qadar lebih baik dari shalat dan puasa di 1000 bulan yang tidak terdapat lailatul qadar. (Zaadul Masiir, 9: 191). Ini sungguh keutamaan Lailatul Qadar yang luar biasa.

3- Lailatul Qadar adalah malam yang penuh keberkahan.

Allah Ta’ala berfirman,
إِنَّا أَنْزَلْنَاهُ فِي لَيْلَةٍ مُبَارَكَةٍ إِنَّا كُنَّا مُنْذِرِينَ
“Sesungguhnya Kami menurunkannya pada suatu malam yang diberkahi dan sesungguhnya Kami-lah yang memberi peringatan.” (QS. Ad Dukhon: 3). Malam penuh berkah ini adalah malam ‘lailatul qadar’ dan ini sudah menunjukkan keistimewaan malam tersebut, apalagi dirinci dengan point-point selanjutnya.

4- Malaikat dan juga Ar Ruuh -yaitu malaikat Jibril- turun pada Lailatul Qadar.

Keistimewaan Lailatul Qadar ditandai pula dengan turunnya malaikat. Allah Ta’ala berfirman,
تَنَزَّلُ الْمَلَائِكَةُ وَالرُّوحُ فِيهَا
“Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril” (QS. Al Qadar: 4)
Banyak malaikat yang akan turun pada Lailatul Qadar karena banyaknya barokah (berkah) pada malam tersebut. Karena sekali lagi, turunnya malaikat menandakan turunnya berkah dan rahmat. Sebagaimana malaikat turun ketika ada yang membacakan Al Qur’an, mereka akan mengitari orang-orang yang berada dalam majelis dzikir -yaitu majelis ilmu-. Dan malaikat akan meletakkan sayap-sayap mereka pada penuntut ilmu karena malaikat sangat mengagungkan mereka. (Lihat Tafsir Al Qur’an Al ‘Azhim, 14: 407)
Malaikat Jibril disebut “Ar Ruuh” dan dispesialkan dalam ayat karena menunjukkan kemuliaan (keutamaan) malaikat tersebut.

5- Lailatul Qadar disifati dengan ‘salaam’

Yang dimaksud ‘salaam’ dalam ayat,
سَلَامٌ هِيَ حَتَّى مَطْلَعِ الْفَجْر
“Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar” (QS. Al Qadr: 5) yaitu malam tersebut penuh keselamatan di mana setan tidak dapat berbuat apa-apa di malam tersebut baik berbuat jelek atau mengganggu yang lain. Demikianlah kata Mujahid (Lihat Tafsir Al Qur’an Al ‘Azhim, 14: 407). Juga dapat berarti bahwa malam tersebut, banyak yang selamat dari hukuman dan siksa karena mereka melakukan ketaatan pada Allah (pada malam tersebut). Sungguh hal ini menunjukkan keutamaan luar biasa dari Lailatul Qadar.

6- Lailatul Qadar adalah malam dicatatnya takdir tahunan

Allah Ta’ala berfirman,
فِيهَا يُفْرَقُ كُلُّ أَمْرٍ حَكِيمٍ
“Pada malam itu dijelaskan segala urusan yang penuh hikmah” (QS. Ad Dukhan: 4). Ibnu Katsir dalam kitab tafsirnya (12: 334-335) menerangkan bahwa pada Lailatul Qadar akan dirinci di Lauhul Mahfuzh mengenai penulisan takdir dalam setahun, juga akan dicatat ajal dan rizki. Dan juga akan dicatat segala sesuatu hingga akhir dalam setahun. Demikian diriwayatkan dari Ibnu ‘Umar, Abu Malik, Mujahid, Adh Dhohak dan ulama salaf lainnya.
Namun perlu dicatat -sebagaimana keterangan dari Imam Nawawi rahimahullah­ dalam Syarh Muslim (8: 57)- bahwa catatan takdir tahunan tersebut tentu saja didahului oleh ilmu dan penulisan Allah. Takdir ini nantinya akan ditampakkan pada malikat dan ia akan mengetahui yang akan terjadi, lalu ia akan melakukan tugas yang diperintahkan untuknya.

7- Dosa setiap orang yang menghidupkan malam ‘Lailatul Qadar’ akan diampuni oleh Allah

Dari Abu Hurairah, dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda,
مَنْ قَامَ لَيْلَةَ الْقَدْرِ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ
“Barangsiapa melaksanakan shalat pada malam lailatul qadar karena iman dan mengharap pahala dari Allah, maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni.” (HR. Bukhari no. 1901)
Ibnu Hajar Al Asqolani mengatakan bahwa yang dimaksud ‘iimaanan’ (karena iman) adalah membenarkan janji Allah yaitu pahala yang diberikan (bagi orang yang menghidupkan malam tersebut). Sedangkan ‘ihtisaaban’ bermakna mengharap pahala (dari sisi Allah), bukan karena mengharap lainnya yaitu contohnya berbuat riya’. (Lihat Fathul Bari, 4: 251)

Ya Allah, mudahkanlah kami meraih keistimewaan Lailatul Qadar dengan bisa mengisi hari-hari terakhir kami di bulan Ramadhan dengan amalan sholih.
Aamin Yaa Mujibas Saa-ilin.

Rating Artikel : 5 Jumlah Voting : 99 Orang

Readmore..

Muslim di Rusia Sama Banyak dengan Malaysia

| | 0 komentar

Negeri komunis Rusia ternyata memiliki jumlah penduduk muslim yang sama besarnya dengan Malaysia dan hampir sama dengan Saudi Arabia. Demikian juga ternyata Islam di Rusia lebih dahulu ada dibandingkan agama Kristen Ortodok.

Semua itu terungkap dalam buku berjudul "Geliat Islam di Rusia" karangan diplomat RI di Rusia, Aji Surya. Senin (13/8/2012), buku tersebut dilaunching di Hotel Grand Hyatt, Jakarta.

Buku dengan cover warna biru dan dikemas cukup apik itu berisi segala hal tentang pernak-pernik perkembangan Islam di Rusia, mulai dari sejarah masuknya Islam pada abad ke 7, Islam di bawah tekanan Uni Soviet, hingga era kebangkitan Islam yang membuat pertumbuhan mereka mencapai 25 juta jiwa.

Buku tentang Islam di Rusia ini akan membuat terperangah setiap orang yang membacanya, karena gambaran gelap Uni Soviet di masa lalu dengan paham komunisnya akan menjadi sirna dan bahagia ketika mengetahui semangat perkembangan Islam di negeri Beruang Putih itu.

Moskow dengan 2 juta penduduk muslimnya adalah kota berpenduduk muslim terbesar di Eropa. Hampir di seluruh kota di Rusia, Islam bagaikan cendawan di musim hujan dengan jumlah masjid sekitar tujuh ribu.

"Dengan perkembangan agama Islam di Rusia dalam hal demografi dan kehidupan masyarakatnya, sangatlah mungkin dalam 50 tahun ke depan Islam akan menjadi mayoritas. Wallahu a'lam bisawab," kata Aji Surya, seperti diberitakan Rakyat Merdeka Online.

Sementara itu Wakil Menteri Agama, Nasarudin Umar, mengatakan, hubungan muslim Indonesia dan Rusia akan semakin berpengaruh kuat untuk menciptakan dunia yang aman dan damai.

"Langkah pertama untuk ke sana adalah saling mengenal melalui buku karangan Aji Surya ini sehingga menjadi salah satu jembatan emas dalam mempererat hubungan kedua bangsa," tulis Nasarudin Umar di halaman pertama buku Aji.

Dalam halaman yang sama, Pemimpin Redaksi Rakyat Merdeka Online, Teguh Santosa mengatakan bahwa dalam sepuluh tahun pertama setelah Uni Soviet bubar, negeri-negeri muslim di Asia Tengah menggali kembali peradaban Islam yang membentuk mereka sejak abad awal kelahiran Islam hingga keruntuhan Ottoman Turki di penghujung Perang Dunia Pertama dan di tahun ke 20. Rusia pun tidak ketinggalan mengalami hal yang sama.

"Manuskrip karib saya ini adalah bagian dari rekaman dinamika peradaban Islam di Rusia dan negeri-negeri di sekitarnya yang bertautan dengan unsur-unsur lain yang membentuk indentitas Rusia di tengah konstelasi dunia yang terus berubah," tulis Teguh Santosa menanggapi tulisan Aji Surya.*
http://www.hidayatullah.com
Rating Artikel : 5 Jumlah Voting : 99 Orang

Readmore..

Sabtu, 11 Agustus 2012

Geliat Supermarket dan Restoran Halal di AS

| Sabtu, 11 Agustus 2012 | 0 komentar

Suatu sore di kota Falls Church, negara bagian Virginia, seorang perempuan paruh baya Nosheen dan puteri remajanya, Zaenab, tengah berbelanja persiapan buka puasa di sebuah supermarket bernama Halal Co.
Yang membedakan toserba ini dengan kebanyakan supermarket di Amerika adalah semua barang yang dijual disini bernuansa Islami. Daging dan produk makanannya juga dijamin halal.

Nosheen dan Zaenab yang merupakan imigran asal Pakistan, adalah pelanggan setia selama 10 tahun. “Kami datang untuk membeli daging sapi dan ayam. Semua yang ada di toko ini halal dan semua yang kami butuhkan ada disini,” kata Nosheen.

Halal Co sudah berdiri sejak 1970-an. Awalnya tempat ini hanya menyediakan daging halal, sesuatu yang sangat sulit ditemukan kala itu. Tapi kini, toko yang menjual produk halal bukan lagi sesuatu yang langka di Amerika, khususnya di kota besar.

Restoran halal juga terus bermunculan, termasuk di ibukota Amerika, Washington DC. Rumah makan yang menawarkan menu halal kini tidak hanya didominasi oleh restoran Timur Tengah saja, tapi juga restoran Barat.

Salah satunya, adalah JJ’s Cheesesteak, yang menawarkan makanan populer khas Philadelphia, negara bagian Pennsyvania. Cheesesteak adalah perpaduan daging tumis dan lelehan keju yang disajikan dengan roti panjang yang lembut. Penyajiannya mirip dengan hot dog.

Berhubung di Amerika tidak ada sertifikasi halal, kehalalalan cheesesteak ini dijamin langsung oleh pemiliknya, Osama Sbeitan, seorang Muslim asal Yordania.

“Di kawasan ini ada banyak Muslim keturunan Afrika Amerika. Sebelum saya membuka restoran ini, saya juga sering kesulitan menemukan makanan halal, karena itu saya memutuskan untuk mendirikan restoran halal,” papar Osama.

Meskipun Osama tidak memasang tanda halal di restoran ataupun di menunya, namun informasi akan kehalalan restoran yang telah berdiri selama tiga tahun ini tersebar dari mulut ke mulut dan lewat internet.

Seorang mahasiswa asal Chicago, Yousuf Ahmad, mengetahui tentang restoran ini dari kawannya.

“Saya hanya makan makanan halal. Restoran ini adalah pilihan yang baik bagi banyak Muslim khususnya di kawasan ini. Kami sangat beryukur karena makanannya tidak hanya lezat tapi juga halal,” ujar Yousuf.

Dan selama bulan Ramadhan ini, JJ’s Cheesesteak semakin ramai dengan banyaknya pengunjung Muslim yang hendak berbuka puasa. Setiap akhir pekan, restoran ini juga membuka pintunya bagi mereka yang ingin sahur.

Diperkirakan ada lima sampai tujuh juta Muslim di Amerika. Meskipun minoritas, namun konsumen Muslim merupakan pasar yang cukup menjanjikan.
http://www.republika.co.id

Rating Artikel : 5 Jumlah Voting : 99 Orang

Readmore..

Presiden Obama Jamu Buka Puasa di Gedung Putih

| | 0 komentar

Presiden Amerika Barack Obama akan memperingati bulan suci Ramadan dengan mengadakan jamuan iftar atau buka puasa bersama hari Jumat malam di Gedung Putih.

Acara yang akan diadakan di Ruang Makan Malam Kenegaraan itu akan menjadi iftar keempat yang digelar oleh Obama.


Ini melanjutkan tradisi penyelenggaraan iftar tahunan yang dimulai sejak pemerintahan Bill Clinton dan dilanjutkan oleh Presiden George W. Bush.


Tamu undangan termasuk pejabat pemerintahan, pemuka agama dan pemimpin akar-rumput dalam komunitas Muslim Amerika dan pemimpin dari berbagai macam keyakinan dan anggota korps diplomatik.


Pada awal bulan Ramadan lalu, Presiden Obama juga mengucapkan selamat Ramadan kepada selarah umat muslim di dunia.


Presiden Obama mengatakan, "Atas nama bangsa Amerika, Michelle dan saya sendiri – saya menyampaikan ucapan selamat yang sehangat-hangatnya kepada segenap Muslim Amerika dan Muslim di seluruh dunia dalam menjalani bulan suci Ramadan. Bagi Muslim, Ramadan adalah saat untuk berpuasa, berdoa, dan merenung; saat untuk bergembira dan berpesta. Waktunya untuk menghargai keluarga, sahabat, dan tetangga serta menolong yang membutuhkan."


Presiden Obama juga menambahkan, "Di Amerika, Ramadan mengingatkan kita bahwa Islam adalah bagian dari bangsa kita, dan dari layanan publik ke bisnis, dari layanan kesehatan dan sains ke seni – Muslim Amerika turut memperkuat negara dan memperkaya kehidupan kita."


Demikian ucapan selamat Ramadan dari Presiden Obama dan ibu negara Michelle Obama awal bulan Ramadan lalu. 
http://www.voaindonesia.com
Rating Artikel : 5 Jumlah Voting : 99 Orang

Readmore..

Jumat, 10 Agustus 2012

Pria Muslim Dibunuh Karena Jenggot

| Jumat, 10 Agustus 2012 | 0 komentar


Salat adalah kewajiban seorang yang mengaku muslim dan tiang agama. Kaum muslim harus menunaikan salat wajib lima waktu dalam satu hari. Buat Anda tinggal di negara mayoritas Islam mungkin tidak bakal menemukan masalah. Anda bisa singgah di masjid manapun. Tetapi bagaimana jika tinggal di wilayah mayoritas bukan Islam ?

Dalam sebuah video diunggah di situs Youtube memperlihatkan keteguhan seorang muslim menjalankan salat wajib. Tidak tanggung-tanggung dia menunaikan ibadah wajib itu di atas bagasi sebuah taksi dengan menggelar sajadah. Menurut pengunggahnya, linimasa akun somalifox, peristiwa itu terjadi di salah satu sudut Kota New York, Amerika Serikat.

Durasi tayangan itu cukup singkat, yakni hanya 34 detik. Kualitas gambarnya pun sangat baik. Mungkin diambil dengan kamera definisi tinggi. Video itu diunggah Januari tahun lalu.

Dalam video itu terlihat meski sang pria salat di atas taksi berada di pinggir jalan, dia tetap khusyuk menunaikan ibadah wajib umat muslim itu. Orang-orang di sekitarnya lalu-lalang sambil sesekali melirik aksi lelaki itu. Mungkin bagi mereka terasa aneh. Maklum saja, sejak peristiwa serangan ke Menara Kembar Pusat Perdagangan Dunia (WTC) sebelas tahun silam, sentimen anti-Islam meningkat di Negeri Paman Sam itu.

Senin lalu, publik muslim Amerika bahkan dikejutkan dengan peristiwa pembakaran sebuah masjid di Kota Joplin, Negara Bagian Missouri. Semua rata dengan tanah habis dilalap si jago merah. Biro Penyelidik Federal bahkan menawarkan hadiah USD 15 ribu atau setara Rp 141 juta bagi siapa saja memberikan informasi soal pelaku pembakaran.

 

www.kapanlagi.com

Rating Artikel : 5 Jumlah Voting : 99 Orang

Readmore..

Pria Muslim Dibunuh Karena Jenggot

| | 0 komentar


Seorang pria Muslim di Afrika Selatan dipukul hingga tewas hanya gara-gara ia berjenggot. Insiden ini memicu kemarahan umat Muslim akan meningkatnya Islamfobia di negara di selatan benua hitam ini.
“Dua orang kulit putih menyebutnya sebagai (Osama) bin Laden di Afrika hanya karena ia berjenggot. Lalu mereka menyebut kami kafir,” ujar Anser Mahmood, sahabat korban.

Mahmood dan temannya, Mohammed Fayaaz Kazi (27) diserang dua orang pria kulit putih di sebuah outlet restoran daging ayam di Magaliesburg, sebuah kota kecil di Propinsi Gauteng yang menjadi basis pertahanan orang kulit putih di Afrika. Mahmood dan Kazi dipukul oleh dua pelaku. Kazi terkena pukulan di kepala dan meninggal saat dirawat di rumah sakit.

Mahmood sendiri mengaku tidak tahu alasan yang membuat mereka dipukul. Ia juga pingsan setelah dipukul. Tak seorang pun mau membantu mereka. “Mereka ingin saya juga meninggal. Tapi saya bertahan hidup,” tambah Mahmood.

Polisi kini mengusut kasus pembunuhan pria Muslim ini. “Setelah membeli makanan dari restora siap saji, pertengkaran terjadi antara Kazi dan dua pria Afrika tak dikenal. Diduga pelaku mengejek Kazi karena jenggotnya yang panjang,” ujar jubir kepolisian, Brigadir Thulani Ngubane.

Umat Muslim di Afrika mencapai 1,5 persen dari 49 juta jiwa. Insiden pembunuhan ini menjadi pertanda meningkatnya Islamfobia di Afsel. “Kami mendesak semua umat Muslim untuk menahan diri dan bersabar dan membiarkan hukum menjalankan tugasnya,” ujar peneliti Muslim Ibrahim Vawda.
Grup advokasi Muslim, Media Review Network, meminta Menteri Kepolisian Nathi Mthethwa untuk mempercepat pengusutan kasus itu. Para pemimpin agama dan pejabat mengutuk keras insiden itu. Kasrils, anggota Yahudi terkemuka di partai berkuasa Kongres Nasional Afrika ANC, juga mengutuk pembunuhan itu.

Kekuasaan minoritas kulit putih telah berakhir di Afsel pada 1994 dengan terpilihnya pemerintahan pimpinan ANC. Namun hubungan antara warga kulit putih yang minoritas dan kulit hitam yang mayoritas masih tegang. Meski ketegangan antara kelompok ras yang berbeda-beda jarang dilaporkan.
http://www.harianterbit.com

Readmore..

Muhammadiyah Lebaran 19 Agustus

| | 0 komentar

Yogyakarta - Berdasarkan hisab wujudul hilal yang dilakukan Majelis Tarjih dan Tajdid, Pimpinan Pusat Muhammadiyah menetapkan 1 Syawal atau Idul Fitri 1433 Hijriah jatuh pada 19 Agustus 2012.



"Oleh karena itu, kami menginstruksikan kepada segenap warga Muhammadiyah pada khususnya dan mengajak umat Islam pada umumnya untuk menunaikan shalat Idul Fitri 1433 Hijriah pada 19 Agustus 2012," kata Sekretaris Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah Agung Danarto di Yogyakarta, Jumat (10/8/2012). Demikian dikutip dari Antara.

Berkaitan dengan hal itu, umat Islam diharapkan memperkokoh silaturahmi, ukhuwah, dan usaha kolektif untuk meningkatkan kualitas hidup sebagai wujud implementasi ketaqwaan hasil ibadah puasa. "Hal itu yang menunjukkan diri sebgai umat terbaik di berbagai bidang kehidupan sehingga menjadi teladan dan berdiri di barisan paling depan dalam dinamika kehidupan bangsa Indonesia," katanya.

Ia mengatakan para tokoh umat dan pembawa misi dakwah diharapkan semakin mengoptimalkan bimbingan, arahan, dan pelajaran yang mencerahkan kepada jamaah kaum muslimin baik dalam memperkaya keyakinan, pemikiran maupun pengamalan Islam sehingga membawa kemajuan peradaban yang utama.

Selain itu, menghindari hal-hal yang bersifat pendangkalan dalam menanamkan keyakinan, pemahaman, dan amaliah Islam yang membawa kemunduran dalam kehidupan umat.

Muhammadiyah juga mengimbau seluruh kekuatan dan umat beragama agar semakin meningkatkan ikatan persaudaraan, toleransi, perdamaian, dan kerja sama yang konstruktif sebagaimana pesan luhur setiap agama.

"Dalam hal ini penting untuk terus diikhtiarkan bersama pencegahan konflik yang mengatasnamakan atau memanfaatkan sentimen keagamaan yang dapat melahirkan citra negatif tentang agama dan umat beragama," katanya. 
inilah.com
Rating Artikel : 5 Jumlah Voting : 99 Orang

Readmore..

Selasa, 07 Agustus 2012

Beratnya Puasa Ramadan di Musim Panas

| Selasa, 07 Agustus 2012 | 0 komentar

Muslim Kanada Jalani Beratnya Puasa Ramadan di Musim Panas 

Berpuasa bukan menjadi halangan bagi seorang muslim untuk tetap produktif dalam bekerja. Cerita beragam datang dari muslim Kanada mengenai pengalamannya menjalankan puasa Ramadan.

Tahun ini Ramadan di Kanada bertepatan dengan musim panas. Muslim di negara itu tentu harus membiasakan diri untuk tidak makan dan minum meskipun cuaca begitu panas.

"Bagian paling menantang dari Ramadan adalah saya tidak bisa mencicipi makanan saya," ujar Rafi Raphael Taherie, seorang koki di Free Times Cafe, sebagaimana dilansir onislam.net, Selasa (7/8/2012)

Rafi harus lebih berhati-hati dalam membuat masakan agar rasanya tetap enak meskipun tanpa dicicipi.

Lain lagi dengan cerita Alaa Hajjaj, seorang akuntan Toronto asal Dubai yang bekerja di Trade Secret Web Printing. Dia baru pertama kali menjalankan puasa Ramadan di Kanada. Dia merasa berpuasa di Kanada tidak seberat apa yang pernah dipikirkannya.

"Ini pertama kalinya saya menjalankan Ramadan di Kanada. Setiap orang di kantor sangat baik dan toleran, mencoba untuk tidak makan di depan saya," ungkap Hajaj.

Cerita lain datang dari Fraz Ahmed, seorang teknisi otomotif di Dufferin and Bloor Auto Repair and Sales. Berpuasa sebagi seorang teknisi adalah hal yang sedikit sulit baginya.

"Sebagai seorang mekanik, bekerja di mobil, menjalankan Ramadan adalah sesuatu yang sedikit sulit. Ketika mobil datang dan mobil itu panas, anda berkeringat. Ketika anda berkeringat, anda telah kehilangan tenaga," kata Ahmad.

Muslim di Kanada menganggap bulan suci Ramadan sebagai kesempatan untuk memperbarui semangat spiritual mereka. Ramadan juga menjadi kesempatan untuk dapat merasakan penderitaan orang-orang yang nasibnya kurang beruntung.

"Ramadan menjadi waktu untuk berhubungan kembali dengan Allah. Ini tentang pengorbanan. Dan ini tentang amal," kata Raphael, koki di kafe Free Times.

"Ada beberapa orang yang berpuasa 2 atau 3 hari tanpa makan sama sekali. Jadi kita bisa terhubung dan merasakan penderitaan yang mereka alami," Raphael menambahkan.

Seorang petani di Suhair Organic Farm dari Richmond Hill, Ont juga mengatakan hal serupa. Menurutnya, puasa Ramadan adalah kesempatan bagi umat muslim untuk ikut merasakan penderitaan muslim lain yang hidup dalam kekurangan.

"Apabila kita bertanya kepada Tuhan mengapa kita diperintahkan untuk puasa Ramadan, ini adalah untuk dapat merasakan bagaimana orang-orang miskin hidup, bagimana perasaan mereka," tutur Suhair.

Muslim di Kanada mulai melaksanakan puasa pada tanggal 20 Juli. Di negara ini penduduk muslim berjumlah sekitar 1,9 persen dari total penduduk yang berjumlah 32,8 juta. Jumlah muslim Kanada terus mengalami peningkatan beberapa tahun terakhir. Agama Islam menjadi agama kedua yang banyak dianut orang Kanada setelah Kristen.
Rating Artikel : 5 Jumlah Voting : 99 Orang

Readmore..

Perancis Desak Myanmar Lindungi Muslim Rohingya

| | 0 komentar


Perancis mendesak otoritas Myanmar untuk melindungi warga sipil dari semua kelompok etnis tanpa diskriminasi. Seruan ini disampaikan setelah baru-baru ini terjadi konflik mematikan yang melibatkan umat Buddha dan Muslim Rohingya.

"Perancis menekankan pentingnya resolusi damai untuk semua persoalan etnis di Burma dan untuk mencapai rekonsiliasi nasional," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Perancis Vincent Floreani dalam sebuah pernyataan.

Kementerian mendesak pemberian status Muslim di negara bagian barat Rakhine di Myanmar tersebut dan mendesak klarifikasi sehubungan dengan hak kebangsaan mereka. Hal ini perlu dilakukan karena sudah menyangkut hak asasi manusia.

"Ada laporan yang sangat mengkhawatirkan yaitu tindakan kekerasan oleh aparat keamanan terhadap warga sipil. Kami menyerukan kepada pemerintah Burma untuk melindungi semua penduduk sipil tanpa diskriminasi dan menyelidiki berbagai bentuk pelanggaran," imbuh Floreani.

Seblumnya, Perancis juga telah mendesak negara tetangga Myanmar yaitu Bangladesh untuk menerima para pengungsi Rohingya yang melarikan diri karena konflik sektarian tersebut.

Seperti diberitakan Jaringnews.com sebelumnya, pertempuran di negara bagian Rakhine telah menewaskan 80 orang dari kedua belah pihak sejak Juni lalu. Konflik bermula dari kasus pemerkosaan dan pembunuhan seorang wanita Rakhine dan hukuman mati tanpa pengadilan berikutnya 10 Muslim oleh kelompok umat Buddha yang marah.

Konflik sektarian ini menjadi ujian berat bagi reformasi Presiden Thein Sein yang selama ini banyak dipuji, termasuk pembebasan ratusan tahanan politik dan pemilihan pemimpin oposisi Aung San Suu Kyi ke parlemen.

Human Rights Watch yang berbasis di New menuduh pasukan Myanmar menembaki Rohingya, melakukan pemerkosaan dan berdiri di pihak Buddha.

Readmore..

Busana Muslim Indonesia akan Kuasai Fashion Dunia

| | 0 komentar

Cita-cita pelaku fashion yang ingin mengusung fashion muslim Indonesia ke tingkat Asia bahkan dunia pada tahun 2020 tak main-main. Pasalnya produk fashion semakin menunjukkan kenaikan.

Hal tersebut dikemukakan oleh Euis Saedah saat jumpa pers Indonesia Islamic Fashion Fair (IIFF), Senin (6/8/2012), di Jakarta. Menurut Euis, data 2011 menunjukkan secara umum dari 14 sektor ekonomi kreatif, lebih dari 50 persen disumbangkan sektor fashion dan kerajinan.

"Nilainya lebih dari 7 miliar dolar, pertumbuhan ekspor 2 - 3 persen, pertumbuhan industri 7 persen," jelas Euis.
Sedangkan produk fashion muslim, Euis memperkirakan produk tersebut menyumbangkan sekitar 10 persen, meskipun belum ada data pasti. Di sisi lain, potensi IKM pakaian jadi sebagai pelaku usaha fashion berjumlah 725.533 unit usaha, menyerap 820.706 tenaga kerja, memiliki nilai produksi Rp 48.347 miliar, dan nilai ekspor sebesar Rp 2. 893 juta USD.

"Harus ada komitmen atau political will untuk mencapai Indonesia sebagai pusat busana muslim tingkat dunia," tambah Euis.

IIFF akan diadakan mulai 9 - 12 Agustus 2012 di Skenoo Hall, Gandaria City, Jakarta. Acara diikuti oleh desainer, pengusaha, dan pelaku industri fashion muslim, beserta produk turunannya. 
http://www.tribunnews.com

Readmore..

Permintaan Produk-Produk Halal Meningkat Pesat di AS

| | 0 komentar

Beberapa tahun belakangan ini produk-produk halal – yaitu produk yang proses produksi, bahan-bahan dan kemasannya mengikuti aturan hukum Islam meningkat pesat di Eropa. Di Perancis misalnya, jumlah pabrik yang memproduksi produk-produk halal dan supermarket atau restoran yang menyediakan menu halal terus bertambah. Hal serupa kini terjadi di Amerika. Associated Press mencatat pasar produk-produk halal di dunia kini mencapai setengah milyar dollar per tahun.  


Di Amerika, merk Saffron Road menjadi merk produk halal pertama yang diterima luas secara nasional dan dijual di jaringan supermarket negara ini. Whole Foods telah menyediakan produk-produk halal di lorong khusus – bersama produk-produk kosher. Sementara jaringan Mc.Donalds dan Wal-Mart memperkenalkan produk-produk halal di lokasi-lokasi tertentu seperti Dearborn dan Michigan, di mana permintaan produk tersebut sangat tinggi.

Menurut Adnan Durrani – ketua sertifikasi halal “American Halal” induk perusahaan yang mengeluarkan merk Saffron Road, peningkatan ini terutama terjadi karena kini lebih banyak warga – tidak hanya warga Muslim – yang bersedia membayar produk-produk yang 100 persen alami, bebas antibiotik dan organik. Produk-produk ini secara tidak langsung diperoleh dengan mengikuti pakem atau aturan dalam hukum Islam.

​​Jika dulu hanya supermarket di Perancis – seperti: Tesco, Sainsburry, Metro dan Carrefour – yang menjual produk-produk halal, maka kini beberapa supermarket di Amerika ikut melakukan hal serupa. Wal-Mart, Costco, Shoprite, SuperValue, Giant dan Whole Foods juga mulai menjual produk-produk halal.

Sejumlah toko eceran juga mulai mengikuti, seperti “Bismillah Halal Meat Market” yang dikelola Amanullah di Hyattville – Maryland.

Setiap tiga hari sekali, toko ini mendatangkan 70 ekor kambing dan domba, serta tujuh ekor sapi untuk disembelih sesuai aturan Islam. Ini merupakan jumlah yang cukup besar untuk bisnis daging halal yang dikelola toko ini.

Menurut Javid Malik – pemilik “Bismillah Halal Meat Market” yang berasal dari Pakistan, bisnis ini dikembangkannya dari pemilik sebelumnya, yang menjual toko tersebut kepadanya.

Lebih jauh profesor bidang teknologi informasi ini mengatakan bahwa makanan dan kebutuhan sehari-hari juga dijual di toko ini, tetapi daging halal merupakan bisnis utama. Yang menarik pelanggannya ternyata bukan hanya warga Muslim, tapi juga warga non-Muslim.

Menurut rencana “Bismillah Halal Meat Market” dalam waktu dekat juga akan mengembangkan bisnis restoran halal yang pastinya akan disambut hangat masyarakat.
voaindonesia.com
Rating Artikel : 5 Jumlah Voting : 99 Orang

Readmore..

MUI: Umat Islam Boleh Pilih Pemimpin Nonmuslim

| | 0 komentar

Kalau umat Muslim dihadapkan dua pilihan yakni satu pemimpin Muslim tapi zalim, dan satu lagi pemimpin nonmuslim tapi adil, maka pilih yang adil.
 

Majelis Ulama Indonesia (MUI) menyatakan jika sudah teruji maka umat Islam diperbolehkan memilih pemimpin nonmuslim.


"Jika memang sudah teruji adil, maka boleh memilih pemimpin yang nonmuslim," kata Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI), KH Amidhan, di Jakarta, hari ini.


Menurut Amidhan, kalau umat Muslim dihadapkan dua pilihan yakni satu pemimpin Muslim tapi zalim, dan satu lagi pemimpin nonmuslim tapi adil, maka pilih yang adil. "Itu kalau ada bukti-buktinya kalau pemimpin nonmuslim itu adil," tegas dia.


Namun, lanjut Amidhan, jika itu baru pada tahap memilih maka pilihlah pemimpin yang Muslim. Hal ini sesuai dengan surat Al Maidah ayat 51, di mana dalam ayat tersebut umat Muslim diserukan untuk tidak memilih pemimpin selain yang beragama Islam.


"Kalau menurut saya, itu biasa terjadi. Misalnya Yahudi pilih pemimpin Yahudi, begitu juga umat Kristiani pilih pemimpin Kristen," papar dia.


Meski demikian, Amidhan menilai apa yang dilakukan Rhoma Irama dalam ceramah agamanya beberapa waktu lalu, bukan sesuatu yang sifatnya SARA. "Lihat dulu konteksnya. Rhoma Irama itu bicara di Masjid, waktunya Ramadan dan jamaahnya umat Islam, jadi sah-sah saja," imbuh dia.


Lebih jauh, Amidhan menyerukan agar pihak-pihak yang berkompetisi pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) DKI Jakarta putaran kedua untuk bersaing secara sehat dan tidak berkampanye dengan membawa unsur SARA. "Indonesia itu negara demokrasi, bukan negara Islam," tandas dia.


Menjelang Pilkada DKI Jakarta putaran kedua yang diselenggarakan 20 September tersebut, politisasi agama semakin sering digunakan. Pada Senin (6/8) penyanyi dangdut, Rhoma Irama, dipanggil Panwaslu terkait ceramah agama yang dinilai bermuatan SARA di Mesjid Al Isra Tanjung Duren, Jakarta Barat, pada Sabtu (28/7).

Readmore..

Mesjid Nabawi Dibangun Atas Kehendak Allah

| | 0 komentar


Masjid Nabawi dibangun setelah Nabi Muhammad SAW berhijrah dari Mekkah ke Madinah. Setibanya di Madinah, beliau membangun Masjid Nabawi. Umat Islam percaya, pemilihan lokasi Masjid Nabawi merupakan kehendak Ilahi.

Peneliti Pusat Studi Madinah, Abdul Basset Bader menjelaskan ketika Nabi Muhammad SAW menuju jantung kota Madinah, ia melewati suku-suku yang meminta beliau untuk menetap di rumahnya. Namun, Nabi Muhammad SAW mengatakan akan menetap di rumah yang menjadi tempat istirahat unta. "Tempat ini disebut "Al-Mirbad"," papar dia seperti dikutip Alarabiya.net, Selasa (7/8).

Hari berikutnya, kata Bader, Nabi memerintahkan pembelian tanah itu dan membangun masjid di sana. Ketika membeli tanah itu, Nabi SAW menghadapi tantangan berupa mengubah arah kiblat dari Yerusalem ke Mekkah. Saat pemindahan kiblat itu, seluruh bangunan dibangun kembali untuk menyesuaikan arah kiblat.

"Kota ini tumbuh pesat, demikian pula dengan populasi Muslim. Karena itu, Umar bin Khattab memerintahkan agar kembali dibangun masjid, namun ia meminta bangunan itu mirip dengan apa yang dilakukan Nabi," kata dia.

Pada masa Nabi Muhammad SAW, masjid Nabawi mengalami banyak perubahan. Hal ini dilakukan atas usul para sahabat yang melihat umat Islam dari luar Madinah berdatangan. Saat itulah, Masjid Nabawi mengalami pengembangan kapasitas dan estetika tata ruang.

"Pada era Kalifah Utsman bin Affan, fondasi Masjid Nabawi mengalami perubahan kembali. Ustman menganti material tanah liat menjadi batu. Setelah  berkonsultasi dengan sahabat yang lain, ide Ustman akhirnya disetujui," jelas Bader.

Hal menarik lain, kata Bader, sebagian besar bangunan Madinah dibuat dari tanah liat yang dibakar. Sementara, bangunan Masjid Nabawi tidak menggunakan tanah liat yang tidak dibakar. "Maksudnya, dibangunnya Masjid Nabawi akan menghindarkan umat Islam dari api neraka," pungkas dia
www.republika.co.id
Rating Artikel : 5 Jumlah Voting : 99 Orang

Readmore..

Minggu, 05 Agustus 2012

Tradisi Lebaran Ala Muslim China

| Minggu, 05 Agustus 2012 | 0 komentar


Usai Salat Ied, ada momen bernyanyi dan menari bersama.

Setiap negara memiliki tradisi berlebaran dengan ciri khasnya masing-masing. Begitu pula dengan Negeri China yang memiliki perpaduan unik pada perayaan Idul Fitri.

Tradisi umat Muslim di China, kata Sias Mawarni, pemerhati sejarah China Muslim di Indonesia, tidak terlepas dari akar budaya nenek moyangnya.

"Mereka memiliki akar budaya yang kuat. Tak heran bila  di sana terjadi akulturasi antara budaya China dan Islam, sehingga muncul warna tersendiri pada tradisi Islam di negara tersebut," jelasnya kepada Beritasatu.com.

Akulturasi ini, lanjut dia, terlihat sekali pada tiga perayaan besar terpenting bagi umat Islam di China -- perayaan Idul Fitri, Idul Adha dan Maulid Nabi Muhammad SAW.

Saat merayakan Idul Fitri misalnya, umat muslim China melakukan salat bersama di sebuah masjid atau area yang luas, setelah itu bersilaturahmi dengan jamaah lainnya, tetangga, keluarga dan saudara.

"Setelah itu, mereka menggelar makan bersama di rumah. Selebihnya waktu banyak dimanfaatkan untuk berkumpul bersama keluarga dan sanak saudara sembari bernyanyi dan menari bersama," imbuh Sias yang juga berprofesi sebagai pengajar bahasa Mandarin ini.

Selain itu, mereka juga mengadakan upacara khusus untuk mengenang penduduk Muslim pada masa Dinasti Qing.

Tradisi perayaan Lebaran di daerah Xinjiang, juga mempunyai keunikan tersendiri. Misalnya, para lelaki mengenakan jas dan kopiah putih, sementara kaum perempuan mengenakan baju muslim khas China dengan kerudung setengah tertutup.

Salat Ied mereka lakukan juga di sebuah lapangan besar. Usai salat, mereka mendatangi bazaar yang biasanya juga digelar di tempat yang sama. Selain itu ada juga event bernyanyi dan berdansa bersama di lokasi tersebut.

Sajian Istimewa, Lontong Cap Gomeh
Akulturasi tersebut, kata Sias, tak hanya terjadi di Negeri Tirai Bambu, tapi juga pada China Muslim di Indonesia.

Saat perayaan Idul Fitri misalnya, sebagian China Muslim selain menghidangkan masakan khas lebaran masyarakat Indonesia, juga menyelipkan sajian khas China. Seperti, Lontong Cap Gomeh dan Ayam Panggang Sam Qiok. Untuk minumannya, lanjut dia, keluarganya biasanya menyajikan bir pletok dan sekoteng -- dua minuman tradisional khas China-Betawi.

"Ayam Panggang Sam Qiok mirip opor ayam, hanya saja santannya berwarna kecokelatan karena diberi kecap manis. Ini menu favorit keluarga saya, resepnya dari almarhum mertua saya, Kapten Mayor Khouw Kim An, salah satu petinggi di zaman kolonial Belanda," jelas Sias yang juga pemilik Es Krim Ragusa ini.

Hidangan serupa disajikan pula oleh keluarga Surya Madya Lie Sin Tiong, seorang China muslim yang menjabat sebagai Sekretaris Jenderal di Yayasan H Karim Oei ini.

Sama seperti Sias, keluarga Surya juga menyajikan Lontong Cap Gomeh yang menjadi menu favorit keluarganya. Sementara hidangan lainnya sama seperti masyarakat muslim lainnya, ada opor ayam, kentang goreng, ketupat dan sayurnya, serta kue-kue khas lebaran.

"Untuk tradisi lainnya sama saja. Usai Salat Ied, kami bersilaturahmi dengan tetangga, keluarga dan saudara. Bagi-bagi uang untuk anak-anak pun ada. Jadi, tradisi lebaran kami juga membaur dengan tradisi muslim lokal," tutupnya kepada Beritasatu.com.

http://www.beritasatu.com/budaya/64306-tradisi-lebaran-ala-china-muslim.html

Readmore..

Subhanallah, Muslim Khasmir Lindungi Peziarah Hindu

| | 0 komentar

KASHMIR -- Konflik berkepanjangan di Kashmir tidak menghalangi hidupnya suasana toleransi beragama di wilayah itu. Buktinya, Muslim Khasmir membantu peziarah Hindu menuju kuil Amarnath, kuil suci umat Hindu di pegunungan Himalaya.

Prem Nath, 82 tahun, pertapa dari desa terpencil Rajsthan, India Utara, tak berhenti mengucapkan rasa terima kasih kepada Ali, Muslim Khasmir yang banyak membantunya menuju kuil Amarnath.

"Saya merasa bahagia, ketika datang banyak dibantu saudara Muslim. Kalau bukan karena mereka, perjalanan suci ini tidak akan berhasil," papar dia seperti dikutip Khabar South Asia, Ahad (5/8)

Seperti ribuan peziarah Hindu lain, perjalanan ke kuil Amarnath suci tidak akan mungkin terjadi tanpa bantuan saudara-saudara Muslim mereka di wilayah Anantnag, Kashmir. Peran itu sudah dilakukan sejak 1850, ketika Bota Malik menemukan kuil Amarnath.

Penemuan kuil itu, memberikan hikmah berupa jalinan persahabatan antar umat beragama.  "Sebanyak 6.000 peziarah datang. Entah apa jadinya tanpa peranan saudara muslim," kata CEO Kuil Amarnath, Navenn K Chaudhary.

Sejak kerusuhan 1990 dan 2010, pelaksanaan ziarah dilindungi Muslim Kashmir. Ali Mohammad, seorang pemilik Toko di Sonamarg, mengatakan dunia tahu di masa lalu dan sekarang warga Muslim melindungi peziarah Hindu. "Situasi apapun, kami tak segan melindungi saudara kami," kata dia.

Manav Sharma, 21 tahun, dari Delhi mengaku bersyukur dengan perlindungan yang diberikan Muslim Khasmir. Ia masing ingat konflik 2010, saat itu pamannya dilindungi Muslim Khasmir dari lemparan batu. "Tahu bahwa pamanku seorang peziarah, spontan saja, Muslim Khasmir melindunginya," kata dia.

Farooq Ahmed, 36 tahun, percaya perlindungan yang diberikan kepada peziarah akan memberikan berkah kepada dirinya dan umat Islam. "Tidak masalah bagi saya bahwa mereka beragama Hindu," kata dia.

http://www.republika.co.id/berita/dunia-islam/islam-mancanegara/12/08/05/m8a2el-subhanallah-muslim-khasmir-lindungi-peziarah-hindu
Rating Artikel : 5 Jumlah Voting : 99 Orang

Readmore..

Sabtu, 04 Agustus 2012

Selama Olimpiade London 17 orang masuk Islam

| Sabtu, 04 Agustus 2012 | 0 komentar

Een Sukana, mantan Ketua Korps HMI Wati Cabang Jakarta yang kini berdomisili di New Castle, Inggris, kepada Harian Terbit menuturnya, hasil kerja keras tim dakwah WAMY ini sudah terlihat. Tidak kurang dalam seminggu sejak acara olimpiade itu diresmikan tanggal 27 Juli 2012, sudah 17 orang menyatakan bersedia masuk Islam, dan mengucapkan dua kalimah syahadat, sebagai tanda mereka memeluk Islam.

Menurut Een, sejak jauh-jauh hari, WAMY UK bertekad menjadikan momen besar itu untuk memperkenalkan Islam melalui jalur dakwah. Mereka membentuk Team Islamic Dakwah, dan mengadakan persiapan dakwah dengan merekrut sejumlah volunteer untuk melakukan dakwah di perhelatan akbar tersebut.


Volunteer itu kemudian diberikan kursus dakwah singkat yang disebut Olympic Da’wah Training. Dalam kursus Volunteers dipersiapan untuk bagaimana mempersiapkan diri dan mental mereka untuk menghadapi orang-orang non-muslim yang tidak memiliki pengetahuan tentang Islam , yang arogan terhadap kebenaran.
Volunteers juga dipersiapkan untuk bagaimana menjawab pertanyaan-pertanyaan umum yang biasa di lontarkan oleh kaum non-muslim dengan baik dan sopan. Ini dipersiapkan untuk menghindari argumen yang panas.
Team Dakwah membuka stand di Olympic Village dimana semua volunteers memberikan Leaflets (literatur) tentang Islam yang dibagikan kepada pengunjung Olympide. Aktivis Dakwah dari WAMY yang tergabung dalam tim dakwah ini secara sporadis dan tidak segan-segannya melaksanakan salat di tempat umum dan terbuka.
Een juga melaporkan selain membagi-bagikan leaflet, aktivis dakwah WAMY juga mempersiapkan acara berbuka puasa bersama dengan pengunjung muslim, dan juga orang-orang non Islam di base camp mereka. Tim Dakwah berbaur dengan kaum muslimin dari berbagai Negara, dan juga mereka mengajak orang-orang non Islam untuk menikmati iftar (makanan berbuka) bersama-sama dengan mereka. 
“Tim dakwah WAMY ini semakin hari semakin kompak, dan semakin mendapat apresiasi dari kalangan masyarakat Inggris, yang selama ini alergi terhadap Islam,” tutur Een. Een juga merasa bersyukur bisa menikmati kehidupan beragama yang enak di negeri Inggris, tanpa adanya tekanan dari mana pun. Allahu Akbar.

Readmore..

Jumat, 03 Agustus 2012

Peduli dan Cinta kepada Semua Makhluk Allah

| Jumat, 03 Agustus 2012 | 0 komentar


Zhorifah, 4, sesekali terlihat serius melihat gambar-gambar yang ditampilkan di layar Liquid Crystal Display (LCD). Dia bersama orangtuanya hadir pada Pemutaran Film tentang Genosida Muslim Rohingya Myanmar, di Masjid Istiqlal, Sumber Solo, Rabu (1/8/2012) malam.

Sebagian isi film itu bercerita tentang penderitaan yang dialami umat muslim di Myanmar.  Zhorifah tidak 100 persen melihat tayangan demi tayangan. Dia pun tak fokus mendengarkan atau mengerti tentang isi film tersebut. Beberapa kali dia terlihat bermain-main dengan temannya atau bergelayut badan ibunya.
Ibunda Zhorifah, Mila, 28, menuturkan sengaja mengajak anaknya menonton film itu. Mila menyadari Zhorifah belum mengetahui atau menangkap isi cerita itu. Namun, kata dia, tayangan itu untuk mengimbangi informasi dari televisi.

Mila ingin membiasakan anaknya mengetahui kondisi umat Islam yang lain dan ikut memiliki kepedulian. Adapun kepada umat yang berbeda keyakinan, Mila berupaya mengajarkan sikap saling menghargai dan kasih sayang. Namun, dia tetap waspada jika sudah bersinggungan soal akidah.
Terpisah, Andaru Sekar Jagatru, 7, sering diajak orangtuanya Haryani Saptaningtyas, bergaul dengan anak-anak sebayanya yang berbeda keyakinan. Yani pun berupaya menanamkan akidah buah hatinya sebagai benteng.

“Solidaritas supaya dibangun sejak kecil. Kita mengenal yang beda keyakinan tidak untuk mengenal teologis. Tapi, bagaimana sebagai manusia bisa bergaul dengan siapa saja,” kata Yani saat ditemui Solopos.com di rumahnya di Kartasura, Sukoharjo, Senin (30/8/2012).

Dia melihat ada ketakutan atau kekhawatiran baik di dalam diri sebagian umat Islam maupun non muslim jika mereka bergaul bersama akan berpengaruh kepada keyakinan masing-masing.
Di dalam kehidupan sehari-hari, sebagai umat Islam barangkali tidak terlepas dari kekhawatiran soal realitas keberagaman. Bagaimana sebaiknya kita bersikap?

Pengasuh Ponpes Al Muttaqin Pancasila Sakti (Alpansa) Klaten, KH Jazuli Kasmani NCB, menyampaikan jika berbicara soal menanamkan sikap dan perilaku menghargai perbedaan, Rasulullah SAW jelas-jelas sudah mencontohkan. Pria yang akrab disapa Gus Jazuli itu mengatakan Rasulullah SAW sejak kecil sudah tinggal bersama dengan pamannya, Abu Thalib yang berbeda keyakinan.
Kesan penting dari kehidupan Rasulullah SAW yaitu  sikap yang inklusif sudah dibentuk dari keluarga Rasul yang ditinggali. Bagaimana Rasul tetap menghormati pamannya yang berbeda keyakinan bahkan sampai Abu Thalib wafat.

Begitu pula dengan Abu Thalib yang memberikan perlindungan dan membela Nabi Muhammad SAW ketika mendapat tentangan saat berdakwah.
“Ini [kehidupan Rasul] luput dari bacaan orang. Rasul mendapatkan pembelajaran nyata dari pamannya yang berharga,” ujar Gus Jazuli saat dihubungi Solopos.com, Kamis (2/8/2012).
Gus Jazuli menuturkan sejarah mencatat kesantunan dan kedamaian telah ditanamkan paman Rasul yang berbeda keyakinan. Khazanah umat Islam perlu digali lebih mendalam. Ia menyebutkan agama tidak pernah melakukan kekerasan.

Namun, di dalam sejarah politik, kepentingan penguasalah yang beragama A, B dan seterusnya yang melakukan kekerasan. Oleh karena itu, pembelajaran bagi umat Islam supaya bisa menyampaikan Islam yang tidak identik dengan kekerasan. Selain itu, kritikan bagi orang lain jika menyebut Islam identik dengan kekerasan, betapa memaknai Islam dengan cara pandang yang sempit.

Sudah menjadi kewajiban orangtua menanamkan ajaran agama Islam. “Kader-kader kita harus diberi kebebasan bergaul dengan siapa saja. Harus bisa menunjukkan batas-batas dan wilayah yang diketahui masing-masing pihak,” tambahnya.

Gus Jazuli mengatakan momentum Ramadan ini banyak sesuatu yang muncul dari kejujuran dan ketulusan baik dari tindakan dan ucapan.  Perlu terus dibiasakan untuk menanamkan kejujuran dan ketulusan. Dia menilai jika melihat orang lain dengan prasangka, tidak dengan ketulusan dan kejernihan maka hasilnya tidak akan menjadi produktif.

Ia menganggap tidak perlu ada kekhawatiran yang berlebihan jika anak-anak muslim bergaul dengan teman-teman yang berbeda keyakinan. Kekhawatiran muncul karena ada bayang-bayang yang disebabkan atas ketidakpercayaan dan ketidakjujuran.
“Menurut saya, kejujuran kata hati menjadi kunci untuk membentuk perkembangan dan pertumbuhan,” ujarnya.

Ditemui terpisah, praktisi Taman Pendidikan Alquran (TPA) dan Taman Pendidikan Quran (TPQ), Muhammad Nasyir, kepada anak-anak perlu disampaikan bahwa Allah SWT menciptakan makhluk beragam warna dan bentuknya. Makhluk-makhluk akan tumbuh dengan cara yang berbeda.

“Sejak zaman Nabi Adam sampai Nabi Muhammad, ciptaan Allah itu beragam. Sejak anak-anak supaya diajarkan mengenal dan mencintai makhluk Allah agar mereka kenal dengan baik,” tambahnya. 
www.solopos.com

Readmore..

Kamis, 02 Agustus 2012

China Larang Warga Muslim Xinjiang Jalankan Puasa

| Kamis, 02 Agustus 2012 | 0 komentar


Beijing - Pihak berwenang China di Provinsi Xinjiang melarang warganya yang muslim untuk menjalankan ibadah puasa Ramadan. Kebijakan itu diterapkan pemeritah setempat kepada pejabat dan siswa muslim di Xinjiang. Larangan tersebut dikeluarkan melalaui situs milik pemerintah setempat.

Sebagaimana dilansir AlJazeera dari situs pemerintah lokal, Kamis (2/8/2012), pemerintah setempat beralasan kebijakan itu ditetapkan untuk menjaga stabilitas sosial Cina selama Ramadan.

Dalam pernyataan itu disebutkan, "Kader partai komunis, pejabat sipil (termasuk mereka yang sudah pensiun) dan siswa dilarang berpartisipasi dalam kegiatan keagamaan Ramadan."

Pemerintah juga mendesak para pemimpin partai untuk memberikan hadiah berupa makanan yang dibagikan kepada pemimpin desa di provinsi Xinjiang. Melalui kebijakan ini pemerintah ingin memastikan bahwa masyarakat muslim tidak menjalankan ibadah puasa.

Larangan serupa juga dikeluarkan pemerintah dalam website lain yang isinya mendesak agar biro pendidikan di daerah Wensu melarang siswa-siswa memasuki masjid selama Ramadan.

Cina menggunakan cara-cara administratif untuk melarang masyarakat muslim menjalankan puasa. World Uyghur Congress, sebuah kelompok hak asasi manusia mengingatkan pemerintah bahwa kebijakan seperti itu akan menimbulkan perlawanan lebih jauh dari masyarakat muslim.

Provinsi Xinjiang sendiri merupakan daerah yang banyak dihuni penduduk Uighur, kaum minoritas muslim di Cina. Menurut catatan pemerintah, di provinsi ini telah terjadi bentrokan antar etnis terburuk pada bulan Juli 2009. Bentrokan ini melibatkan warga Uighur dan kelompok etnis Han yang merupakan mayoritas di Xinjiang. Tercatat 200 orang meninggal dari kedua belah pihak saat bentrokan terjadi.

Readmore..

Muslim Muda Austria

| | 0 komentar

Wina, - Siapa bilang anak muda jauh dari agama Islam? Paling tidak, ini tidak berlaku untuk 250 anak muda muslim di Austria yang tergabung dalam organisasi Muslimische Jugend Osterreich (MJO). Sebuah organisasi perkumpulan anak muda Islam, yang berbeda kultur dan bangsa asal, generasi muslim ketiga di Austria, namun dengan semangat ukhuwah Islamiyah mereka bersatu dalam satu wadah. 


Di bulan Ramadan, bertepatan dengan musim panas yang panjang, mereka tetap berpuasa 18 jam. Bukan hanya itu, mereka tetap semangat menyukseskan projek dalam bahasa Jerman ‘Fasten-Teilen-Helfen’. Projek yang berarti 'Berpuasa-Berbagi-Menolong' ini, diusung untuk mengisi bulan penuh berkah dengan berbagai kegiatan sosial seperti, memasak untuk fakir miskin, menyediakan berbuka, bakti sosial di panti jompo. Bahkan mereka siap dibawah terik matahari 35 derajat, membersihkan taman kota Wina yang terkenal indah juga luas itu. Dalam satu bulan tidak kurang dari 30 beragam kegiatan sosial mereka lakukan.

Seperti yang terlihat di dapur sebuah penampungan tuna wisma di kota wina, 25 Juli 2012 lalu yang bernama Gruft. Terletak di ruang bawah tanah sebuah gereja di bilangan Mariahilfersstrasse, sekelompok muda muslim ini semangat memasak untuk makan siang ratusan tuna wisma. Di balik kaos putih bertuliskan 'Fasten-Teilen-Helfen', di balik jilbab yang menutupi kepala, tangan muda mudi ini tampak cekatan memasak. Selama kurang dari 2 jam, tepat pukul 12.45 CET, 200 porsi makanan ala Eropa sudah siap saji lengkap dengan saladnya. Walaupun sedang berpuasa, rasa makanannya terlihat sangat lezat. Terbukti apresiasi tepuk tangan yang panjang diberikan oleh ratusan tuna wisma usai makan siang selesai.

Projek 'Berpuasa-Berbagi-Menolong' dari MJO tersebut, adalah bagian dari syiar Islam ke masyarakat yang mayoritas non muslim di Austria. Di tengah kondisi sekularisme yang semakin meluas di Eropa. Para muslim muda MJO ingin memberikan pesan, bahwa puasa bukan hanya lapar dan haus, bukan lemas tidak berdaya. Sesuai anjuran agama, bahwa puasa di bulan Ramadan justru suatu momentum untuk semakin menyebar kebaikan merenggup pahala sebanyak-banyaknya yang dijanjikan Allah SWT. Islam bukan untuk ditakuti, Islam justru Rahmatan Lil ‘Alamin.

Subhanallah… Semoga semangat muslim muda Austria ini, menginspirasi dan tersebar luas ke seluruh muslim muda di bumi Allah SWT, di manapun mereka berada. Amin.
“Kamu adalah umat yang terbaik yang dilahirkan untuk manusia, menyuruh kepada yang ma’ruf, dan mencegah dari yang mungkar, dan beriman kepada Allah.” (Ali Imran (3) : 110).

Readmore..

Rabu, 01 Agustus 2012

Dibalik Kemegahan Masjid Agung Jateng

| Rabu, 01 Agustus 2012 | 0 komentar

Setiap masjid memiliki latar belakang sejarah dan filosofi di balik kemegahan bangunan. Tak terkecuali Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT). Masjid yang terletak di Jalan Gajahraya, Kelurahan Sambirejo, Kecamatan Gayamsari, Semarang, jika dilihat dari arsitektur kental dengan tiga nuansa budaya, Jawa, Romawi dan Islam. Kendati demikian, masjid yang berdiri pada pada tanggal 14 November 2006 ini tak lepas dari nuansa modern.

Ketua Badan Pengelola Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT), Ali Makfiz menjelaskan, dari aspek arsitektur dua unsur utama, arsitektur Jawa dan Islam. Unsur Islam direpresentasikan empat menara runcing yang menyerupai Masjid Nabawi (Madinah). Sementara aspek arsitektur Jawa direpresentasikan bentuk atap masjid yang bertingkat susun menyerupai Masjid Demak dan Masjid Kudus.

"Kedua unsur itu digabungkan di sini. Maka itu dilihat dari atapnya merepresentasikan masjid Jawa, tapi dari empat menara runcing seperti prototipe Masjid Nabawi Madinah," ujar Ali kepada Liputan6.com dalam acara Safari Ramadhan SCTV 2012, Selasa (31/7).

Sementara jika dilihat dari sisi filosofi, masjid yang berdiri di atas tanah seluas 10 hektare ini, lanjut Ali, juga memiliki filosofi menarik. Memasuki gerbang masjid, disambut sembilan air mancur, yang memiliki makna sembilan wali atau Walisongo. Masuk ke arah barat lagi, terdapati lima air mancur, menunjukkan lima rukun iman.

"Dua air mancur ini menunjukan aktivitas Walisongo dalam rangka menyebarkan Keislaman, khususnya di Tanah Jawa. Dalam Islam itu Walisongo juga mengembangkan lima rukun Islam," ujarnya.

Kemudian di bagian barat air mancur tersebut, terdapat pelataran dengan gerbang yang bentukanya menyerupai Koloseum Roma yang bernama Al Qonatir. Gerbang ini tersusun dari 25 lengkung yang mengingatkan pada 25 Nabi dalam Islam.

Di barat gerbang Al Qonatir, terdapat pelataran atau plasa dengan enam tiang payung besar, sebagai cerminan 6 rukun iman. Memasuki ruang utama masjid, lanjut Ali, merupakan tempat beribadah utama bagi umat Islam, sebagai tempat berdialog manusia dengan penciptanya.

Di ruang utama ini ada lampu kecil yang cukup menarik yang letaknya tepat di bawah kubah utama. Puluhan lampu ini menurut Ali sebagai simbol alam jagat raya yang akan menyala di malam hari. "Ini mencerminkan bahwa pada saat tertentu manusia menyerahkan diri sepenuhnya pada Allah SWT," imbuh Ali. liputan6.com

Readmore..
 
© Copyright 2010. yourblogname.com . All rights reserved | yourblogname.com is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com - zoomtemplate.com