Senin, 23 Juli 2012

Jumlah Pendaftar Sekolah Islam di Australia Meningkat

| Senin, 23 Juli 2012 | 0 komentar


Metrotvnews.com, Canberra: Jumlah imigran dari negara-negara Muslim meningkat di Australia. Populasi warga Muslim di Negeri Kanguru pun meningkat. Sehingga, permintaan siswa muslim masuk ke sekolah Islam pun bertambah.

Islam merupakan agama keempat terbesar di Australia. Jumlah siswa Muslim yang mendaftar di sekolah Islam meningkat. Pada 2005, sebanyak 29 sekolah Islam tersebar di Australia. Total jumlah peserta didik di sekolah Islam lebih dari 14 ribu siswa.


Kini, Australia memiliki 35 sekolah Islam dengan jumlah siswa lebih dari 21 ribu orang. Sebagian di antara sekolah-sekolah itu berdiri di Kota Sydney.


Pemerintah memberi subsidi membiayai operasional sekolah. Sehingga, bantuan itu menurunkan biaya sumbangan pembangunan pendidikan (SPP). Kualitas guru dan kurikulum pun disesuaikan standar nasional.


Kedua faktor itu pun menarik banyak orang tua beragam Islam memasukkan anak-anaknya ke sekolah tersebut. Permintaan mendaftar di sekolah itu pun bertambah.


Meski demikian, penyelenggara pendidikan Islam menghadapi tantangan mendirikan sekolah untuk anak-anak Muslim. Beberapa di antaranya yaitu mencari areal sekolah dan prasangka buruk pada agama yang belum banyak dikenal masyarakat.


Satu kasus pernah terjadi saat Dewan Kota Camden menentang pemberian izin membangun sekolah Islam. Mereka beralasan pendirian bangunan dapat mengakibatkan kemacetan lalu lintas. Ada pula yang menduga penentangan itu memiliki unsur diskriminasi.


Warga Muslim di Australia pun aktif menurunkan rasa khawatir tersebut. Mereka melakukan berbagai kegiatan sosial yang melibatkan komunitas nonmuslim sekaligus memperkenalkan Islam pada warga.


Pemerintah Australia pun turut serta memperkenalkan Islam. Pemerintah menyebar booklet dan mendukung dialog antaragama agar masyarakat lebih terbuka menerima Islam.


Sementara waktu, penyelenggara pendidikan Islam di Australia mengambilalih bangunan berbasis agama lain yang gulung tikar karena jumlah murid berkurang. Usaha itu dilakukan untuk memenuhi permintaan orang tua untuk memberikan pendidikan Islam pada anak-anak mereka.(RRN)

Artikel Terkait:

0 komentar:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

Arsip Islam

 
© Copyright 2010. yourblogname.com . All rights reserved | yourblogname.com is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com - zoomtemplate.com