Selasa, 31 Juli 2012

Wisatawan Muslim

| Selasa, 31 Juli 2012 | 0 komentar

Dengan jumlah penduduk muslim yang mencapai angka 1,8 miliar, akan memicu peluang bisnis di berbagai sektor.

Sejumlah ahli dan kalangan pelaku industri pariwisata global tengah bersiap untuk menghadapi ledakan jumlah wisatawan muslim yang diproyeksikan bakal meningkat pesat dalam satu dekade ke depan.


Pertumbuhan jumlah wisatawan muslim ini dikarenakan semakin meningkatnya kemakmuran umat Islam - terutama dari negara kaya minyak di kawasan Timur Tengah - yang akan menggelar liburan mereka ke sejumlah destinasi wisata di seluruh dunia.


Negara-negara Teluk menyumbang 37 persen dari belanja turis Muslim pada tahun 2011 meskipun mereka mewakili tiga persen saja dari populasi Muslim global.


Menurut sebuah studi yang dilakukan oleh Crescentrating dan DinarStandars dalam melihat gaya hidup orang muslim di 47 negara, jumlah pengeluaran wisatawan Muslim dinyatakan tumbuh lebih cepat dibanding wisatawan global dengan perkiraan bakal mencapai US$ 192 miliar pada tahun 2020 atau mengalami kenaikan dari US$ 126 miliar di tahun 2011.


Fazal Bahardeen, CEO Crescentrating mengatakan, mayoritas negara muslim seperti Mesir, Malaysia dan Indonesia sudah tujuan favorit dari kalangan wisatawan.


Mohammed Ali Alali, 23, seorang mahasiswa teknik perminyakan dari Dammam, Arab Saudi, menggelar liburan bulan madu dengan istrinya ke Malaysia, salah satu negara yang menjadi tujuan wisata utama turis muslim.


"Negara ini tidak jauh dari Arab Saudi dan lebih murah ketimbang pergi ke Eropa. Malaysia merupakan negara Islam sehingga membantu kami dalam banyak hal, seperti mencari makanan halal dan masjid untuk shalat," kata pria ini setelah berbuka puasa di sebuah restoran Arab yang ada ibukota Kuala Lumpur.


Menurut survei yang dilakukan oleh kedua lembaga tersebut, ketersediaan makanan halal menduduki posisi puncak dalam daftar persyaratan liburan yang dilakukan oleh kalangan wisatawan Muslim.


Selain itu, ketersediaan ruang shalat di bandara dan hotel, restoran halal dan fasilitas spa yang bisa disesuaikan dengan agama wisatawan, juga menjadi faktor pertimbangan.

Rating Artikel : 5 Jumlah Voting : 99 Orang

Artikel Terkait:

0 komentar:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

Arsip Islam

 
© Copyright 2010. yourblogname.com . All rights reserved | yourblogname.com is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com - zoomtemplate.com